Apa itu Blog? Yuk Kenali Lebih Dekat Sehingga Jelas Manfaatnya!

Istilah blog udah terlalu familiar di kalangan pengguna internet khususnya yang aktif berselancar mencari berbagai informasi di dunia maya. Walau begitu, tak sedikit yang ternyata tetap bingung ketika ditanya apa itu blog. Aku pribadi mendefiniskan blog sebagai wadah untuk menyebarkan berbagai informasi berupa postingan yang meliputi opini, pemikiran dan type data digital lainnya ke dunia maya secara luas dan berkesinambungan. Cakupan kontennya tidak terbatas, sanggup berupa teks, gambar, video maupun format grafis yang rumit sekalipun.

Sumber: Google Image

Dilihat dari skalanya, blog sanggup dikatakan sebagai bentuk lain dari web atau web tapi bersama bentuk yang lebih kecil, lebih minimalis, murah lebih-lebih gratis. Hal itu terpengaruh oleh individu-individu yang menggunakannya, cakupan konten dan tujuan pembuatannya. Di awal-awal popularitasnya, blog memang lebih banyak digunakan oleh perorangan atau sekelompok kecil orang bersama minat yang sama. Itu sebabnya, lebih dari satu besar tulisan-tulisan yang dihasilkan membahas topik spesifik yang jadi minat penggunanya. Bahkan tak sedikit yang hanya membahas relung-relung yang terlalu sempit, seandainya blog mengenai kegemaran fotografi, hiking, beladiri spesifik dan lain-lain.

Namun seiring berkembangnya teknologi internet, blog kini tidak hanya digunakan oleh orang perorangan. Banyak media-media berskala lebih besar jadi kepincut menjadikan blog sebagai sarana penyampaian informasi entah itu produk, jasa, profil atau promosi. Kondisi ini lambat laun menyamarkan perbedaan antara blog dan website.

Sejarah Blog

Menurut sejumlah sumber, blog merupakan singkatan dari weblog. Awal mula timbulnya istilah weblog, blog atau iterasinya berjalan terhadap th. 90-an. Saat itu udah tersedia banyak ragam platform yang mengudara di jagat maya dan merupakan cikal-bakal platform blogging saat ini ini, antara lain Usenet, Genie, BIZ, CompuServe, dan Bulletin Board System (BBS).

Istilah weblog pertama kali dicetuskan oleh Jorn Barger terhadap 17 Desember 1997. Kemudian dipersingkat jadi blog oleh Peter Merholz yang jadi intens mengadopsi istilah tersebut di web pribadinya, Peterme.com terhadap th. 1999. Namun sejatinya jauh sebelum saat istilah blog dikenal, sejumlah orang seperti Justin Hall dan Jerry Pournelle udah jadi menyebarkan postingan mereka melalui web pribadinya, walaupun waktu itu istilah blog belum digunakan secara luas.

Open Diary mengawali jaman kemunculan blog moderen terhadap th. 1998, di platform inilah lantas orang jadi mengenal istilah komentar blog di mana pembaca sanggup meninggalkan pendapatnya di postingan pemilik blog. Open Diary termasuk disebut-sebut sebagai generasi pertama web pertemanan karena konsep komunitas yang diusungnya.

Di th. 1999 muncullah fasilitas blog baru bernama Blogger.com yang didirikan oleh Pyra Labs. Di th. yang sama termasuk lahir fasilitas blog LiveJournal dan Pitas.com. Namun fasilitas Blogger.com lah yang banyak berperan bagi perkembangan dunia blog agar oleh banyak orang nama “Blogger” dijadikan julukan bagi orang yang menggeluti atau mempunyai blog. Sejak 2003, Blogger resmi jadi punya Google dan akusisi ini jadi mengibarkan dunia blogging karena sejumlah fitur yang sebelumnya premium digratiskan oleh pemilik barunya.

Di Blogger.com, pengguna sanggup mendaftarkan diri dan membawa dampak domain bersama alamat yang boleh ditentukan sendiri. Setelah terdaftar, pengguna lantas meraih sebuah panel dashboard yang bakal jadi sarana membawa dampak tulisan, menunggah gambar, membawa dampak halaman, dan lebih-lebih mendesain sendiri penampilan utama blog. Salah satu kelebihan yang disuguhkan oleh Blogger.com adalah keleluasaan untuk membawa dampak sebanyak kemungkinan blog baru tanpa kudu membawa dampak account baru.

Saat Blogger.com tengah menikmati jaman jayanya, nampak fasilitas baru yang lebih segar, yakni WordPress.com yang dikembangkan oleh Automattic. Seperti Blogger, fasilitas ini termasuk tawarkan sub domain cuma-cuma kepada pengguna bersama opsi upgrade ke fasilitas premium.

WordPress.com termasuk memberikan kebebasan kepada pengguna untuk memilih sendiri alamat sub-domain yang diinginkan. Di tiap-tiap blog bakal tersedia lokasi admin terpisah yang fungsinya jadi area bagi Blogger untuk mengelola isikan blognya. Seperti membawa dampak postingan baru, menaikkan halaman, kategori, menyusun sidebar, mengunggah gambar dan menyisipkan video. Dalam perjalanannya Automattic lantas merilis WordPress.org, entitas berlainan yang menyasar para pengembang dan Blogger mandiri. Pelajari selengkapnya apa itu WordPress di tautan ini.

Tujuh th. sesudah kelahiran Blogger, nampak fasilitas baru kembali bernama Tumblr yang dikembangkan oleh David Karp. Saat pertama kali muncul, Tumblr diakui sebagai generasi baru dunia blogging. Ia tawarkan konsep yang berlainan dari Blogger ataupun WordPress.com, di mana pengembang memberikan semacam koneksi antar pengguna seperti web pertemanan. Fitur-fitur dan fleksibilitas kustomisasinya termasuk paling disukai oleh kaula muda. Tak heran seandainya mayoritas pengguna loyal Tumblr adalah para remaja bersama umur di bawah 25 tahun. Namun kini Tumblr berada di bawah bendera Yahoo pasca diakuisisi terhadap th. 2013 lalu.

Selain WordPress.com dan Tumblr, tetap tersedia sederet platformblog yang tawarkan fitur yang tidak cukup lebih sama, seandainya Technorati, Blogsome, webs, blogs dan banyak kembali lainnya.

Apa Manfaat Blog?

Sebagaimana definisinya, blog mempunyai lebih dari satu fungsi utama:

  • Mempublikasikan postingan sanggup berupa opini, diari, cerita, berita, pemikiran atau karya-karya fiksi dan non fiksi.
  • Mengekspresikan diri melalui gambar atau video
  • Mempertemukan orang-orang bersama minat yang sama
  • Media promosi
  • Profil perorangan dan perusahaan
  • Media komunikasi organisasi dan individu
  • Menyalurkan hobi
  • Menghasilkan uang, sanggup kok!

Cara Membuat Blog

Langkah-langkah pembuatan blog berlainan antara satu blog dan blog lainnya. Jadi, untuk anggota ini redaksi bakal berikan tutorialnya secara lengkap di peluang yang berbeda. Namun untuk fasilitas Blogger, WordPresss.com dan Tumblr udah dulu kita bahas. Cara pembuatan blog Blogger.com sanggup kawan akrab baca kembali di artikel ini, untuk blog WordPress.com di artikel ini dan Tumblr di tautan ini. 

Contoh Blog

Contoh blog sederhana yang bisa kawan akrab kunjungi: aus.co.id.